this blog contains information about computer, android, blogging, and tutoring.

Setting CamStudio Agar Hasil Video Tidak Patah-Patah

Setting CamStudio Agar Hasil Video Tidak Patah-Patah

Bagi seorang yang masih awam dengan software desktop recording seperti saya, sebagian mungkin akan merasa bingung dan menilai bahwa aplikasi CamStudio adalah aplikasi abal-abal karena dia open source. Hasil video default dengan menggunakan CamStudio sangatlah jelek. Videonya patah-patah dan tidak seperti layaknya video clear dan lancar.
Pada saat pertama kali saya mencari tahu bagaimana caranya, mengotak-atik bagian setting ternyata saya menemukan bagaimana supaya video menjadi hasil yang baik tanpa patah-patah. Namun saat itu saya bingung, ukuran file lebih besar daripada video default biasa. Sedangkan saya pernah melihat video hasil desktop recording sepanjang lebih kurang 30 menit dengan besar file lebih kurang 60 MB hasilnya baik.
Saya merekam aktifitas hanya sekitar 1 menit saja sudah mencapai belasan MB. Bingung juga bagaimana caranya. Namun akhirnya juga saya menemukan caranya, yaitu dengan mengkonversi jenis file video tersebut ke MP4 menggunakan aplikasi format factory.

Setting Video CamStudio

Langsung saja bagaimana setting video untuk agar lebih berkualitas di CamStudio.
  1. Buka CamStudio, kemudian pada menu Options > Video Options...
  2. Pada pengaturan, set Quality sebesar 90 atau lebih.
  3. Pada bagian Max Framerate setting agar 250 frames/second.
Sebenarnya disini yaitu di setting frame yang menjadikan video patah-patah. Frame yang dicapture terlalu sedikit untuk settingan default, akhirnya video patah-patah. Sedangkan untuk kwalitas adalah bagaimana qualitas video yang akan di hasilkan, clear atau buram hasilnya.

 


Setelah melakukan setting diatas, tinggal langsung rekam dan lihat hasilnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.