this blog contains information about computer, android, blogging, and tutoring.

Tips Mengatasi USB yang Tak Terbaca Komputer

Tips Mengatasi USB yang Tak Terbaca Komputer

usb





Ilmu Komputer Terbaru-Pengguna USB sering kali mendapati USB miliknya tidak terbaca saat dihubungkan ke perangkat komputer. Sebagian pengguna mungkin heran karena komputer tersebut tak bisa membaca perangkat USB, padahal telah dicolokkan dengan baik pada bagian port. Lantas, apa yang harus dilakukan?


Sebagaimana dilansir OnlineTech Tips, Senin (23/3/2015), berikut ini beberapa solusi yang dapat digunakan untuk memperbaiki permasalahan USB yang tidak dikenali oleh perangkat komputer.

Unplug komputer

Cara paling mudah untuk mengatasi USB yang tidak terdeteksi oleh PC ialah dengan mencabut daya perangkat. Pengguna cukup melakukan shut down pilihan di Windows atau menekan tombol power dan kemudian cabut colokan PC dari stopkontak. Biarkan selama beberapa menit dan kemudian pasang kembali.

Update Device Driver

Jika Windows tidak dapat mengenali USB, pengguna juga dapat melihat device manager dan pilih "Unknown Device". Pengguna dapat mengakses device manager dengan mengklik start dan mengetikkan devmgmt.msc atau dengan pergi ke control panel dan klik pada device manager.

Dalam hal ini, pengguna harus klik kanan pada unknown device, klik properties, klik tab driver, kemudian klik update driver. Jika ini tidak berhasil, dapat dengan cara mengunduh driver untuk perangkat dari situs pihak ketiga.

Cabut USB dan Coba Kembali

Pengguna juga dapat coba mencabut perangkat USB yang tidak dapat terbaca di PC, kemudian restart komputer. Setelah di-restart, cobalah untuk kembali menghubungkan perangkat USB yang bermasalah tersebut.

Selain itu, jika port USB tertentu tidak mengenalinya, cobalah port yang lain. Jika perangkat dikenali oleh port USB yang berbeda, kemungkinan terjadi masalah hardware dengan salah satu port USB.

Hubungkan Langsung ke PC

Biasanya pengguna PC suka sekali menggunakan hub untuk menyambungkan perangkat USB ke PC mereka. Hal tersebut biasanya karena PC hanya memiliki tiga port USB di komputer, sehingga pengguna membeli sebuah hub yang bisa menghubungkan tambahan delapan perangkat USB dan jika hub tersebut tidak mampu membaca data pada USB, cobalah langsung menghubungkan USB pada komputer secara langsung.